Kampuh Poleng

  • By I Made Sugianto
  • 30 Oktober 2023
Pustaka Ekspresi

Puisi-puisi karya Eka Mudiartika Yasa ini berisi persoalan-persoalan kehidupan yang sering menjadi tontonan publik di layar kaca. Penulis menyuguhkan kondisi kekinian, ada rasa jengah mempertahankan tanah warisan, juga usaha melestarikan bahasa Bali. Puisi-puisi ini menggunakan bahasa sederhana, namun sarat pesan. Mampu menyadarkan pembaca betapa perubahan begitu besar terjadi di bumi. Ada tema politik, berkebun, juga tema budaya.

Tema politik dapat kita simak pada puisi ini:  Anaké ngorahang jani tahun politik/ Makejang suba pada ngitungang taktik/ Tusing mikir nyaké luung nyaké licik/ Né penting asik/ Di tahun politik/ Makejang ngaku dadi pakar politik/ Guar-guar kraik-kraik/ Suryak-suryak kedék ngrikik/ Wong ciliké telah pakrimik/ Ngemigmig patikacuh/ Tur misi masemu bujuh/ Madingehang tutur gebuh/ Patikacuh cara anak buduh/ Di tahun politik/ Makejang madagang munyi/ Kemu mai ngobral janji/ Masemaya ngajak widi/ Majanji ngajak petani/ Ngaku-ngaku paling peduli/ Dong di duri tusing ada mabukti//
 


TAGS :

I Made Sugianto

I Made Sugianto lahir di Banjar Lodalang, 19 April 1979 bertepatan Wraspati Wage Dungulan (Sugian Jawa). Kini istirahat sejenak dari pekerjaan sebagai wartawan NusaBali untuk mengbadi sebagai Kepala Desa di tanah kelahirannya, Desa Kukuh, Kecamatan Marga, Tabanan.

Komentar