Anak Gunung Mengerami Laut

  • By I Made Sugianto
  • 24 Oktober 2023
Pustaka Ekspresi

Secara umum puisi dalam buku ini bertemakan laut dan gunung serta alam lingkungan dan hal-ikhwal lain yang dekat dengannya. Tema yang sudah sering ditulis orang, namun tetap menarik sampai kapan pun selama masih ada gunung dan lautan kehidupan. Kebetulan penyairnya berasal dari lingkungan kelautan dan pegunungan, orang pesisiran sekaligus wong gunung (orang kampung), yang belakangan hijrah dan bermukim di Bali. Kawasan pulau indah yang dikelilingi pantai sekaligus banyak gunungnya. Sehingga secara fisik-batin-angan dan pikirannya tak terlepas dari lingkungan kehidupan segara-gunung atau segara-giri.
Nuryana Asmaudi lahir di Jepara, sebuah kota pesisir utara di Jawa Tengah yang juga punya pegunungan di antaranya Gunung Muria di perbatasan wilayah Jepara-Kudus-Pati. Sejak kanak-kanak ia sering bermain ke pantai yang menghampar di sepanjang wilayah Jepara juga melihat gunung yang dekat dengan kampungnya, sehingga laut dan gunung selalu dekat di hati. Karena itu sejak menekuni dunia puisi sewaktu masih tinggal di Jepara dan Kudus, ia banyak menulis dan melahirkan puisi-puisi yang akrab dengan tema laut dan gunung. 
 


TAGS :

I Made Sugianto

I Made Sugianto lahir di Banjar Lodalang, 19 April 1979 bertepatan Wraspati Wage Dungulan (Sugian Jawa). Kini istirahat sejenak dari pekerjaan sebagai wartawan NusaBali untuk mengbadi sebagai Kepala Desa di tanah kelahirannya, Desa Kukuh, Kecamatan Marga, Tabanan.

Komentar