Amy Pradnya Rilis Lagu “Raka lan Rai” Saat Ultah

  • By Ketut Sugiartha
  • 07 Mei 2021
Amy Pradnya sedang menyanyikan lagu "Raka lan Rai" di Loh Coffee & Eatery Renon, Denpasar (foto: Tut Sugi)

DENPASAR, pustakaekspresi.com - Pandemi yang berkepanjangan tak membuat surut kiprah insan-insan berbakat seni untuk terus berkiprah. Di bidang tarik suara misalnya, selalu ada album atau lagu tunggal (single) yang diluncurkan. Tak kecuali di ranah musik pop Bali.

Tepat pada hari ulang tahunnya yang ke-13, Selasa (4/5), bertempat di Loh Coffee & Eatery Renon, Denpasar Amy Pradnya merilis video klip single berjudul “Raka lan Rai”. Selain dihadiri oleh Ketua Pramusti Bali Ajik Rah Man dan Gede Bagus dari Anugerah Musik Bali, acara ini juga disaksikan oleh beberapa awak media serta penggarap video klip Rafly J. Flames, pencipta lagu Gus Saka dan penulis lirik Ketut Sugiartha yang tentu saja dengan tetap menaati protokol kesehatan yang telah ditetapkan Pemerintah.

Dalam sambutanya, Ketua Persatuan Artis, Musisi, Pencipta Lagu dan Insan Seni Ajik Rah Man menyampaikan apresiasinya pada Amy Pradnya dan orangtuanya, pasangan Kadek Sudiarta dan Ni Wayan Suasti Adija, yang telah berinisiatif merilis lagu dengan lirik yang mengandung pesan moral yang perlu diteladani. Menurutnya itu masih langka. Belakangan ini kebanyakan lagu-lagu pop Bali hanya enak didendangkan tetapi miskin lirik yang mengandung pesan moral. Ke depan laki-laki yang bernama asli Ngurah Murthana ini berharap akan ada lebih banyak lagu pop Bali yang dapat mengedukasi pendengarnya.

Menurut kedua orangtua Amy yang bertindak sebagai produser, lagu itu tercetus dari keinginan mereka untuk menggambarkan keseharian putrinya Ni Kadek Pradnya Putri Utami dengan kakaknya yang selalu akur, saling mendukung dan saling menyanyangi satu sama lain. Dan mereka berharap apa yang telah mereka lakukan secara pribadi bisa bermakna dan menginspirasi orang banyak. Harapan itu memang tidak terlalu mudah untuk diwujudkan. Amy Prandnya yang masih praremaja tidak langsung mampu mencerna lirik lagu yang harus dinyanyikannya. Ada kosakata yang tidak ia mengerti artinya, dan untungnya  kedua orangtuanya  bisa membantu mengatasi kesulitan tersebut.

Meskipun ini single pertama, sebenarnya Amy Pradnya bukanlah wajah baru dalam belantika musik pop Bali. Ia sudah tertarik dengan musik sejak duduk di kelas III SD dan pelatihan vocal pun ia ikuti di Cressendo di bawah bimbingan Gus Saka. Berbagai lomba sudah pernah ia ikuti dan berhasil meraih prestasi yang  membanggakan, antara lain: Juara I Bali Christmas Choir Competition 2019, Juara Harapan I PBLP (Bungan Jepun Maskot Kota Denpasar) 2019, Juara II Lomba Menyanyi Lagu Bali (ASBEST Festival III) 2020, Juara III SPENTRI Vocal Competition 2020 Kategori Putri dan Finalis Bintang Pop Bali 2020.

Ketika ditanya mengapa baru merilis single? “Ya nunggu matang dulu. Soalnya saya kan merasa masih banyak yang kurang, masih perlu terus belajar,” jawabnya merendah pada sesi tanya-jawab yang dipandu oleh Gus Panji Genta.


TAGS :

Ketut Sugiartha

Ketut Sugiartha tinggal Tabanan, Bali. Menulis esai, puisi, cerpen dan novel. Tulisan-tulisannya telah tersebar di berbagai media cetak dan daring. Telah menerbitkan 10 buku fiksi meliputi kumpulan cerpen dan novel. Novel terbarunya: Kembali ke Bali.

Komentar