Renganis: Suara Sunia dari Buleleng

  • By IBW Widiasa Keniten
  • 02 Januari 2024
Pustaka Ekspresi

Renganis adalah salah satu judul puisi karangan Komang Sujana. Renganis sudah jarang terdengar, terancam punah. Komang Sujana sadar tentang kondisi itu sehingga ia menciptakan puisi berjudul Renganis. Suatu hari nanti, jika kesenian ini hilang, masih ada satu dua yang peduli dan tahu jika dulu di Buleleng ada kesenian Renganis.

Bagaimana jika Renganis dijadikan puisi? Apakah masih terdengar manis, merdu, dan mengantarkan kea lam sunya? Jawaban inilah yang patut dicari dalam puisi karangan Komang Sujana. Puisi-puisi yang ditulis oleh komentator bola voli ini tidak hanya bernuansa manis, kadang manis ngemanesin atau membuat suasana hati jadi panas. Tema besarnya kondisi di salah satua kabupaten di Bali yakni Buleleng, dan kondisi kekinian di Indonesia. Reng (nada) manis tidak hanya membuat hati panas. Panas juga bermakna jengah untuk melestarikan warisan leluhur Bali.


TAGS :

IBW Widiasa Keniten

Ida Bagus Wayan Widiasa Keniten lahir di Giriya Gelumpang, Karangasem. 20 Januari 1967. Lulus Cum Laude di Prodi Linguistik, S-2 Unud 2012. Tulisan-tulisannya tersebar di berbagai media massa berupa esai, karya sastra maupun kajian bahasa dan sastra baik dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Bali. Cerpen-cerpennya pernah memenangkan lomba tingkat Nasional maupun provinsi.

Komentar